Obati Pilek Anda Dengan 8 Makanan Terbaik Peningkat Sistem Imun Tubuh

Ketika anda mengalami beberapa gejala seperti batuk-batuk, sakit kepala, dan nafas yang berat, maka kemungkinan besar anda tengah mengalami pilek, yaitu sebuah penyakit yang umum terjadi di semua kalangan, tanpa memandang usia.

Bahkan setiap tahunnya dilaporkan bahwa rata-rata orang dewasa akan mengalami dua hingga tiga kali pilek setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, kondisi pilek ini biasanya menyerang seseorang saat memasuki musim penghujam. Tetapi jumlah penderitanya akan semakin tinggi saat pergantian musim tiba.

Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah kondisi mengesalkan tersebut datang, terutama dalam menjaga pola makan dan gaya hidup. Selain anda harus melakukan olahraga yang teratur dan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, suntik anti flu juga bisa menjadi cara yang efektif untuk dilakukan.

Tetapi jika anda sudah terlanjur terserang penyakit musiman yang satu ini, maka anda bisa meningkatkan asupan makanan yang lebih bergizi untuk proses penyembuhan tubuh secara alami.

Bahkan menurut seorang juru bicara untuk New York State Dietetic Association bernama Anita Mirchandani, MS, RD, CDN, mengatakan secara jelas bahwa cara yang paling otentik dalam melawan pilek atau flu adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu anda membangun sel-sel sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jenis makanan yang dimaksudkan pun tidak harus mahal dan mengocek kantong anda hingga jutaan rupiah, tetapi anda masih bisa menemukannya dengan mudah di sekitar lingkungan anda. Ingin tahu apa sajakah itu? Dan berikut adalah daftar makanan terbaik ketika anda terkena pilek atau flu yang direkomendasikan oleh para ahli.

Bawang Putih

Memang benar jika aroma dari bawang putih yang menyengat bisa membuat banyak orang menjauhi anda. Tetapi tetap jangan pernah melewatkan jenis tanaman yang satu ini ketika anda tengah terkena flu atau pilek.

Menurut seorang juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics bernama Alissa Rumsey, RD, CDN, CNSC, CSCS, mengatakan bahwa komponen aktif utama yang ditemukan dalam bawang putih bernama ‘allicin’ memiliki sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat kuat. Studi penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang-orang yang mendapatkan asupan suplemen bawang putih cenderung mengalami lebih sedikit pilek dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Selain itu, bawang putih juga bisa membantu mempromosikan flora usus yang sehat, dimana dapat mengusir racun, bakteri, dan virus dalam tubuh seseorang. Sebenarnya anda bisa menemukan ekstrak bawang putih dalam bentuk suplemen, tetapi masih sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi ‘bawang putih asli’ secara langsung.

Daging Sapi

Jika anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, maka jangan pernah lupakan daging sapi yang terkenal dengan kelezatannya. Dagin sapi sendiri merupakan sumber yang sangat baik akan zinc, dimana telah menjadi mineral penting untuk perkembangan sel darah putih yang dapat mempertahankan kesehatan tubuh anda.

Penelitian sendiri bahkan menunjukkan bahwa kekurangan zinc dapat menurunkan respon dan fungsi sistem kekebalan tubuh seseorang. Jadi, pastikan untuk selalu mendapatkan daging sapi setidaknya satu minggu sekali. Selain itu, ekstra protein dalam daging sapi juga sudah terbukti dapat membantu antibodi dalam melawan infeksi.

Ubi Manis

Meskipun pada dasarnya ubi manis bukanlah makanan yang dapat melawan pilek dan flu, tetapi jenis umbi-umbian yang satu ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, yang mana memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan permukaan mukosa anda.

Dimulai dari dalam hidung dan saluran pencernaan, hingga sampai ke kulit, ubi manis benar-benar memainkan peran penting di sana. Anda mungkin tidak menganggap kulit sebagai salah satu bagian pertahanan tubuh anda. Tetapi faktanya, kulit merupakan sistem kekebalan tubuh pertama dan terluar yang menjaga anda dari berbagai macam virus dan bakteri penyebab infeksi.

Kunyit

Sebagai salah satu rempah-rempah menakjubkan yang telah dinobatkan sebagai ‘superfood’ atau makanan super, tanaman kunyit ini mengandung antioksidan dengan kadar yang sangat tinggi, serta sifatnya yang mampu menangkal peradangan secara alami.

Jika anda mampu mendapatkan asupannya secara teratur, maka tubuh anda akan diselamatkan dari racun-racun berbahaya. Bahkan telah terbukti pula bahwa orang-orang yang senantiasa mengkonsumsi kunyit cenderung mampu terhindar dari pilek, batuk-batuk, dan flu.

Sayuran Hijau

Sementara sebagian besar orang selalu lebih memilih buah citrus sebagai sumber vitamin C, tetapi sebenarnya sayuran hijau seperti bayam atau kale juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin pelawan pilek tersebut. Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa dengan mendapatkan asupan vitamin C secara konsisten, maka anda akan mampu mengurangi durasi dari pilek itu sendiri.

Salmon Liar

Ketika musim penghujan datang, dimana biasanya matahari selalu bersembunyi di balik awan sepanjang waktu, maka anda pun beresiko mengalami kekurangan vitamin D. Padahal, nutrisi yang sering tubuh anda dapatkan dari sinar mentari ini sangatlah penting dalam melawan pilek dan flu. Sehingga ini menjadi salah satu alasan kenapa anda selalu mengalami pilek setiap kali musim penghujan datang.

Tetapi untungnya, anda pun masih bisa mendapatkan sumber vitamin D yang sangat baik dari makanan. Sebut saja salmon liar yang mana telah diteliti kandungannya tersebut oleh banyak para ahli. Penelitian pun mampu membuktikkan bahwa mereka yang mendapatkan asupan vitamin D secukupnya mampu mengurangi kemungkinan terkena infeksi saluran pernafasan dibandingkan dengan mereka yang kurang mendapatkan asupan nutrisi yang satu ini.

Sup Ayam

Anda harus selalu mengkonsumsi sup ayam ketika tengah sakit. Obat mujarab nan lezat ini telah digunakan selama berabad-abad silam karena memiliki kandungan yang dapat membantu tubuh mengobati dirinya sendiri secara lebih cepat.

Kaldu hangat dari sup ayam tidak hanya akan menenangkan tenggorokan anda, tetapi juga akan tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Cairan hangat seperti sup ini juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan saluran pernafasan anda, seingga berefek pada melonggarnya sekresi lendir.

Selain itu, ketika ayam dimasak maka akan melepaskan sejenis asam amino yang disebut dengan sistein, yang mana menyerupai layaknya seperti obat yang biasa digunakan untuk mengobati bronkitis. Pastikan juga anda mencampurkan beberapa sayuran sehat dengan nutrisi yang melimpah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jamur Kancing

Selain daya tariknya yang memukau, jamur kancing yang harganya tidak terlalu mahal ini pun bisa menyediakan berbagai macam manfaat kesehatan untuk anda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University pada tahun 2008 lalu menemukan bahwa jamur kancing ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Hal ini dikarenakan terdapatnya efek anti-virus dan protein lainnya yang dikeluarkan oleh sel-sel dari sayuran unik yang satu ini. Selain itu, jamur kancing mengandung polisakarida, yaitu sejenis molekul karbohidrat polimerik yang dapat mengaktifkan sel-sel pembunuh alami untuk menghancurkan virus penyebab flu dan pilek dalam tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *